Bingung Pilih Rumah atau Apartemen

Bingung Pilih Rumah atau Apartemen ? Yuk Simak Ulasannya

Mungkin sebagian dari Anda yang ingin beli properti tapi bingung menentukan ingin beli properti jenis rumah atau apartemen, untuk itu kami akan berbagi tips buat Anda yang bingung ingin beli rumah atau apartemen. Yuk simak ulasannya !

Sertifikat / Surat-Surat

Apartemen rata-rata suratnya atau sertifikatnya adalah Strata Title. Sebenarnya Strate Title ini tidak ada di Andas besar bahasa Indonesia, kalau di Indonesia sebenarnya disebutnya hak satuan rumah susun.

Apa sih hak milik satuan rumah susun ini? Hak milik satuan rumah susun adalah hak eksklusif atas ruang dan hak bersama atas ruang publik. Nah jadi untuk HGB sendiri atau apartemen ini satu lahan tanah dipecah jadi beberapa unit seperti itu jadi Anda hanya punya hak dibangunnya saja yaitu ruang yang Anda beli. Misalnya 100 m2 ya 100 m2 itu yang boleh Anda renovasi atau Anda rubah-rubah di dalamnya tapi ruang publik itu tidak bisa.

Beda ya dengan rumah kalau rumah rata-rata sertifikatnya adalah SHM sertifikat hak milik. Kalau rumah Anda sudah beli tanah Anda juga bangunan jadi Anda punya dua Anda tanah beserta bangunannya.

Di sini SHM juga berlaku seumur hidup namun kalau HGB waktunya adalah 30 tahun dan dapat diperpanjang hingga batas waktu 20 tahun.

Lokasi

Apartemen pada umumnya berlokasi di dekat pusat kota pasti lebih deket dengan perkantoran, pusat kuliner, Mall bahkan sekarang banyak apartemen yang bawahnya itu Mall seperti apartemen Grand Kamala Lagoon Bekasi. Sementara kalau rumah sekarang udah jarang dapat yang di pusat kota bahkan hampir tidak ada. Jadi kalau misalnya rumah relatif lebih jauh dari pusat Kota.

Fasilitas & Efisiensi

Apartemen lebih praktis mau ke Club House atau ke gym biasanya langsung turun jadi tidak perlu repot-repot naik mobil atau naik motor untuk menuju Club House dan ada beberapa apartemen yang sudah memiliki fasilitas hotel.

Tapi kalau rumah ada beberapa yang belum ada Club housenya tapi kalau rumah zaman sekarang itu kebanyakan sudah cluster dan mereka biasanya sudah menyediakan fasilitas Club House seperti Gym dan kolam renang. Tetapi tidak langsung jalan kaki nih bisa naik mobil atau naik motor dulu.

Privasi

Tinggal di apartemen biasanya lebih memiliki privasi karena pada umumnya orang yang tinggal di apartemen itu tidak terlalu dekat sama tetangganya. Beda dengan rumah tetapi kalau di rumah Anda bisa bebas memelihara hewan kesayangan Anda karena rata-rata apartemen tidak membolehkan Anda untuk membawa hewan peliharaan dalam unit.

Biaya-Biaya

Biaya maintenance listrik dan air di apartemen itu lebih mahal sedangkan kalau di rumah itu relatif lebih murah. Sekarang rata-rata rumah semuanya juga punya biaya servis yaitu iuran pemeliharaan lingkungan.

Lahan dan kemudahan Parkir Mobil

Apartemen itu parkirannya terbatas tapi kalau rumah Anda berkesempatan punya lahan parkir yang lebih banyak dan lebih luas. Saat itu untuk parkir ini juga berpengaruh sama Anda, kalau di apartemen Anda habis parkir harus turun lift lebih lama untuk menuju ke parkiran atau mobil begitu juga sebaliknya dari mobil untuk menuju ke kamar Anda atau ke hunian Anda. Tapi kalau di rumah umumnya Anda bisa menuju ke mobil Anda atau dari mobil Anda mau ke kamar lebih dekat dan lebih cepat.

Prestise atau Nyaman

Kalau Anda tinggal di apartemen pasti prestisenya naik tapi kalau Anda di rumah Anda lagi punya banyak ruang misalnya Anda udah berkeluarga punya anak, anak Anda juga dapat kesempatan untuk bermain di luar rumah atau di dalam rumah.

Setelah kami sharing gimana nih kira-kira Anda lebih cocok tinggal di rumah apa di apartemen? kalau di apartemen itu lebih hemat waktu kalau tinggal di rumah hemat biaya. Banyak juga nih yang ngomong waktu adalah uang. Hayoo gimana ???!!!! 😊

Kalau dari pandangan kami sendiri itu balik lagi ke kebutuhan Anda masing-masing. Dengan uang 1 Milyar kalian bisa dapat rumah yang lebih luas dibandingkan 1 Milyar beli apartemen tapi Anda pasti dapat rumahnya sudah di pinggiran Jakarta sudah tidak bisa di pusat kota lagi.

Keuntungannya kalau Anda tinggal di apartemen Anda hemat waktu Anda tidak perlu macet-macetan di jalan, tidak perlu terlalu lama di jalan Anda sudah sampai tempat tinggal Anda. Sedangkan kalau Anda tinggal lumayan jauh dari pusat Kota Anda harus menghabiskan waktu sekitar satu sampai satu setengah jam di perjalanan.

Tentunya itu juga akan mengeluarkan biaya nih seperti bensin, tol dan lain-lain. Tapi ini bisa disangkal dengan biaya maintenance, biaya listrik, biaya air di apartemen yang lebih mahal juga daripada rumah.

Mungkin buat Anda yang pekerjaannya bisa dilakukan di rumah seperti youtuber, penulis atau translater sudah saja Anda pilih rumah walaupun lokasinya tidak di pusat kota karena untuk itu kan pasti butuh ruangan yang luas, Anda butuh inspirasi setiap hari jadi mungkin Anda lebih cocok tinggal di rumah.

Sementara buat Anda yang kerja kantoran yang setiap hari harus datang jam 9 atau jam 8 sampai dengan jam 5 atau jam 6 sepertinya lebih cocok di apartemen karena pasti Anda pulang dari kerja biasanya pengen nongkrong dulu, pengen jalan dulu, nonton, hang out sama teman-teman baru pulang ini bakal makan waktu lebih lama untuk Anda sampai rumah atau Anda tinggal di pinggiran Jakarta atau pusat kota.

Jadi buat Anda yang kerja kantoran tinggal di apartemen lebih praktis Anda bisa tetap kerja, olahraga dan hang out sama teman-teman. Jadi tips ini kami khususkan untuk yang mau tinggal bukan yang mau investasi.

Semoga tips kami ini bermanfaat atau tidaknya membantu memberi pandangan tinggal di rumah atau tinggal di apartemen sih enaknya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *